Monday, April 20, 2015

Membuat scheduler Reboot pada Mikrotik


Pengertian
Scheduler pada Mikrotik adalah teknik untuk menerapkan sebuah atau banyak perintah eksekusi, yang dilakukan secara auto dalam tenggang waktu tertentu. Scheduler dapat memicu eksekusi script pada saat waktu tertentu, setelah interval waktu tertentu, atau keduanya. 

Notes
Reboot router akan mengatur ulang hitungan counter. 

Jika lebih dari satu script harus dijalankan secara bersamaan, mereka dieksekusi dalam urutan mereka muncul dalam konfigurasi scheduler. Hal ini dapat menjadi penting jika satu script yang dijadwalkan digunakan untuk menonaktifkan satu sama lain. Urutan script dapat diubah dengan perintah bergerak. Jika pola eksekusi yang lebih kompleks diperlukan, biasanya dapat dilakukan dengan penjadwalan beberapa script, dan membuat mereka mengaktifkan dan menonaktifkan satu sama lain.

Pada tutorial ini, saya membuat sebuah scheduler untuk melakukan reboot router Mikrotik dengan interval 30 menit.
Baiklah, berikut step by step konfigurasi load balance yang saya terapkan pada Mikrotik v5.26.
1. Pertama, kita isikan Primary NTP Server agar time/clock di Mikrotik akan tersetting dan terkonfigurasi secara auto mengikuti time zone regional Indonesia. Pada kasus ini, saya akan men-setting Primary NTP server nya dengan "id.pool.ntp.org"

[admin@Terminal] /system ntp client 
set primary-ntp=id.pool.ntp.org mode=unicast 

2. Lalu, kita mulai membuat script untuk melakukan reboot, yang nantinya script tersebut akan dieksekusi oleh scheduler

[admin@Terminal] /system script 
add name=Reboot source="/system reboot"

3. Terakhir, kita membuat scheduler nya.

[admin@Terminal] /system scheduler
add name=Reboot start-date=Apr/07/2015 start-time=11:00:00 interval=00:30:00 on-event=Reboot

Keterangan
Untuk start-date samakan dengan tanggal yang tertera di mikrotik, start time adalah waktu dimulainya pertama kali scheduler akan dilakukan, interval adalah lamanya script tadi akan dijalankan kembali, dimulai dari awal start time tadi (di sini saya memasang setiap 30 menit, dimulai dari start time pukul 11). Sedangkan on-event adalah nama script yang akan dipanggil dan telah kita buat sebelumnya.

Selesai 


Referensi: Manual Scheduler Wiki

0 comments:

Post a Comment