Tuesday, May 5, 2015

[REVIEW] Perbandingan menggunakan OS Blackberry, Android, dan Windows Phone

Pada awal abad ke-21 kita hanya mengenal Windows sebagai satu-satunya sistem operasi terpopuler untuk perangkat komputer. Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi komunikasi, membuat para produsen komunikasi bersaing untuk selalu memanjakan penggunanya. Saat ini kita mengenal setidaknya lima operating system terpopuler di dunia yang dibenamkan dalam perangkat komunikasi seluler, yaitu Blackberry, iPhone OS (iOS), Symbian, Android, dan Windows Phone.

Setiap gadget menggunakan operating system (OS) atau sistem operasi agar dapat bekerja optimal dan memberi keunikan kepada pengguna gadget dengan beragam fitur yang ditawarkan. Pengembang OS berkompetensi dengan waktu dan pesaing mereka agar dapat merebut pasar pengguna gadget yang terus berkembang, sehingga banyak para pengguna yang berselisih tentang bagus tidaknya dari OS ini. Semuanya tergantung dari kebutuhan para penggunanya.

Mari kita bahas perbedaan masing-masing OS yang pernah saya gunakan sampai saat ini, antara lain Blackberry, Android dan Windows Phone.


1. Blackberry OS
OS yang dikembangkan oleh perusahaan RIM (Research In Motion) ini, adalah merupakan awal generasi bagi saya menggunakan sebuah smartphone. OS ini hanya bisa ditanamkan pada device Blackberry dan tidak bisa pada device lainnya. 
Kelebihan 
Fitur unggulan pada OS ini adalah sebuat aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) yang sangat "booming" pada saat itu, yang bisa disebut sebagai aplikasi eksklusif bagi sesama pengguna OS ini saja. Tentunya, OS ini pun menjadi pilihan saya, ketika dihadapkan pada kebutuhan push mail di mana pengguna dihadapkan pada kebutuhan kirim-terima email secara realtime. 

Kekurangan 
Kemampuan daya tahan battery nya yang relatif boros dan perangkat yang mudah panas, selain itu, sering muncul "jam pasir", perangkat sudah dalam pemakaian yang cukup lama. Selain itu, OS ini mulai banyak ditinggalkan penggunanya di saat mereka "membolehkan" aplikasi BBM digunakan pada OS yang lain nya selain Blackberry.

2. Android OS
OS yang dikembangkan oleh Google Inc. ini mulai merambah pasar persaingan smartphone pada sekitar tahun 2007 dan menjadi salah satu OS yang masuk perhitungan. Hal ini dikarenakan perangkat ini merupakan open source, yang bisa digunakan pada perangkat keras apapun. Selain itu, Android menguasai pasar dunia dari mulai pengguna kelas bawah sehingga kelas atas, dikarenakan sistem nya yang open source, yang bisa digunakan pada semua ponsel dari yang murah sampai yang mahal.
Kelebihan
Hal ini pula yang menyebabkan saya memilih berpindah dari OS sebelumnya ke OS Android. Selain ingin mencicipi sensasi yang berbeda, selain itu dikarenakan harganya yang terjangkau dan aplikasi yang banyak variasi nya yang bisa dijalankan di dalam OS ini. Selain itu, untuk bisa mengakses segala "fitur" yang tidak diperbolehkan kita bisa menggunakan aplikasi Root, sehingga kita bisa melakukan atau merubah segala sesuatu yang tadinya tidak bisa. Juga pengguna bisa menginstall berbagai macam Custom ROM yang banyak tersedia di Internet, yang tentunya sesuai dengan kemampuan perangkat masing-masing pengguna. Untuk aplikasi BBM pun sudah bisa digunakan pada OS Android ini.
erangkat ini open source bisa di gunakan di perangkat keras apa saja. Android menguasai pasar dunia dari mulai pengguna kelas bawah pengguna hingga kelas atas, di karenakan sistem open source yang bisa di gunakan semua ponsel dari yang murah sampai yang mahal. - See more at: http://mahessa83.blogspot.com/2015/01/perbedaan-os-android-blackberry-ios-dan-windows-phone.html#sthash.c0ViU3kS.dpufd
erangkat ini open source bisa di gunakan di perangkat keras apa saja. Android menguasai pasar dunia dari mulai pengguna kelas bawah pengguna hingga kelas atas, di karenakan sistem open source yang bisa di gunakan semua ponsel dari yang murah sampai yang mahal. - See more at: http://mahessa83.blogspot.com/2015/01/perbedaan-os-android-blackberry-ios-dan-windows-phone.html#sthash.c0ViU3kS.dpuf
erangkat ini open source bisa di gunakan di perangkat keras apa saja. Android menguasai pasar dunia dari mulai pengguna kelas bawah pengguna hingga kelas atas, di karenakan sistem open source yang bisa di gunakan semua ponsel dari yang murah sampai yang mahal. - See more at: http://mahessa83.blogspot.com/2015/01/perbedaan-os-android-blackberry-ios-dan-windows-phone.html#sthash.c0ViU3kS.dpuf

Kekurangan
Masih adanya beberapa virus yang tidak kita inginkan, yang bisa tertanam di perangkat kita, yang secara tidak sengaja kita dapatkan dari store. Selain itu, daya tahan batere juga menjadi pertimbangan bagi penulis, karena cukup boros untuk ukuran smartphone.

3. Windows Phone
Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. ini pada awal kemunculannya bernama Pocket PC, lalu berubah nama menjadi Windows Mobile (2003), dan selanjutnya menjadi Windows Phone (2010).
Kelebihan
Kita tidak perlu bingung dan repot untuk melakukan Jail Break maupun Root seperti yang dilakukan pada OS Android untuk menggunakannya agar lebih nyaman. Karena perangkat yang ada sudah mumpuni untuk multitasking dan mempunya fitur manajemen RAM yang cukup baik. Selain itu, ke-ekslusif-an nya dibanding OS yang lain sehingga beberapa aplikasi yang tersedia di sini, tidak dapat digunakan pada OS yang lain (Cortana, dll).

Kekurangan
Masih kurang lengkap nya aplikasi yang tersedia di store, yang mana bagi para pengguna Android yang ingin mencicipi rasa Windows Phone sedikit kecewa karena aplikasi yang mereka jumpai di Android belum tersedia sepenuhnya di Windows Phone ini. Juga, kurang nya update di beberapa aplikasi yang sudah ada, yang mana menyebabkan masih banyak keluhan dari para penggunanya dari aplikasi yang mereka gunakan.


Kesimpulan
Dari berbagai macam OS di atas, silahkan kita bijak dalam menentukan OS mana yang akan kita gunakan sebagai perangkat primary kita dan mana yang kita jadikan perangkat secondary (apabila mempunyai sedikit dana lebih). Baca dengan teliti sekali lagi, cari referensi sebanyak-banyak nya dari berbagai macam sumber mengenai masing-masing kelebihan dan kekurangan OS lalu tentukan dengan kebutuhan kalian.

Jadilah smart buyer dan pada akhirnya smart user. Jangan mencela setelah menggunakan, tanpa sebelumnya mencari informasi mengenainya.


Regards,

Evilmonk :Paws:



Sumber: Google

0 comments:

Post a Comment